Jumat, 15 Desember 2017

Ingin Menjadi Kutu Buku? Ini Tips Memulainya

"Mas Sayoga, saya tidak begitu suka membaca buku, tetapi saya ingin mengawali Lagu Lengkap menjadi kutu buku. Apa yang wajib saya persiapkan sekarang?"

Baiklah, sebab ada yang bertanya, maka saya bakal berbagi trik-triknya. Langsung saja, ini dirinya beberapa trik mengawali menjadi seorang kutu buku.


Tahap Pertama: Cari Tahu Faktor Apa yang Kamu Sukai

Semacam yang Kamu ketahui, buku terdiri atas 2 tipe:

1. Fiksi

Fiksi adalah suatu  tulisan yang isinya berupa cerita hasil khayalan alias imajinasi penulis. Fiksi terdiri dari beberapa genre, semacam: romans, horor, misteri, komedi, serta tetap tidak sedikit lagi.

2. Nonfiksi

Nonfiksi adalah suatu  tulisan yang isinya berupa fakta alias teori nyata. Nonfiksi terdiri dari beberapa genre, semacam: teknologi, kesehatan, politik, serta tetap tidak sedikit lagi.

Dari penjabaran di atas, pilihlah tipe buku yang Kamu sukai.

Anda tidak tahu faktor apa yang Kamu sukai? Coba perhatikan, agenda apa yang tidak jarang Kamu tonton di televisi. Perhatikan juga film apa yang tidak jarang Kamu tonton di bioskop. Sebetulnya kebiasaan-kebiasaan Kamu pun dengan cara tidak sadar mengfotokan faktor apa yang Kamu sukai.


Tahap 2: Berbelanja ke Toko Buku

Untuk pemula yang sedang ingin membangun ketertarikan baca, saya sarankan untuk tidak meminjam buku ke perpustakaan alias ke kerabat Anda. Persoalannya, ketika meminjam, biasanya ada tenggang waktu yang membikin kami jadi terburu-buru membaca serta tidak bisa sangatlah menikmati isi bacaan.
Lantas buku semacam apa yang wajib dibeli?

Pertama, jangan pilih buku yang terlalu tebal. Sebagai pemula, mata Kamu belum terlalu kuat membaca tulisan yang terlalu tidak sedikit. Pilih buku yang tipis-tipis saja dulu.

Kedua, jangan beli buku terlalu tidak sedikit. Lumayan beli satu alias dua buku saja. Apabila telah berakhir membacanya serta mulai timbul keberminatan pada membaca, silakan berbelanja kembali ke toko buku.

Ketiga, apabila biaya yang Kamu miliki terbatas, Kamu boleh berbelanja di pasar buku bekas untuk menekan pengeluaran. Tetapi ingat, Kamu sedang ingin membangun ketertarikan baca. Jadi, jangan pilih buku yang penampilannya tidak hebat serta membikin Kamu malas membacanya. Carilah buku bekas yang tetap terkesan rapi serta kertasnya belum menguning.

Keempat, apabila Kamu takut salah memilih buku, silakan baca postingan saya mengenai trik membeli buku.


Tahap 3: Baca

Untuk pemula, sisihkan waktu satu jam perharinya untuk membaca buku. Saya sarankan untuk membaca buku pada malam hari sebab keheningan malam bisa menolong Kamu berkonsentrasi pada wacana Anda.
Jangan lupa, perhatikan cara-cara membaca buku yang sehat supaya kesehatan Kamu tetap terjaga.


Tahap 4: Koleksi serta Rawat

Sediakan suatu  tempat khusus untuk menyimpan buku. Rawatlah buku-buku yang telah Kamu beli serta tata dengan rapi jadi sedap dipandang mata. Tidak tahu caranya? Silakan baca postingan saya yang berjudul 'Trik Memelihara Buku'.

Apabila Kamu berkenan, Kamu juga bisa menyumbangkan buku Kamu ke perpustakaan. Lumayan, share ilmu untuk orang lain.

Tahap 5: Tetap Rendah Hati

Ini adalah poin yang terpenting Video jangan arogan. Tidak sedikit sekali kutu buku yang kerjaannya menceramahi orang lain seakan-akan ilmunya tidak terkalahkan. Jangan semacam itu. Tetaplah rendah hati. Gunakan ilmu yang Kamu miliki dengan bijaksana. Terbukti, ilmu wajib disebarkan. Tetapi kami wajib tahu kapan wajib bicara, kapan wajib diam. Ingat, berkata di saat yang tidak cocok bakal membikin celotehan Kamu tidak didengar.


Selamat membaca buku!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar